Pages

Review Status Facebook Februari 2016

Sabtu, 31 Desember 2016

🖊Asyiknya membangun rumah sendiri itu kita bisa menuangkan ide dan impian, sekalipun terkadang harus melalui diskusi yang panjang dan melelahkan, semua terbayar melihat hasilnya di lapangan. Beruntung memiliki dua lelaki yang memahami kemauanku yang seringkali spontan. Mereka beruntung juga sih, lewat daku kesabaran dan kehebatan mereka sebagai bapak dan suami, bisa diuji dan dibuktikan. :-D :-P

🖊Saat diberitahu bahwa di Ponorogo lagi ada pameran buku, dengan antusias Kresna menimpali,"Di mana, Buk? Terus kapan mau ke sana?"

AHA! Rupanya pelan namun pasti dia sudah mulai ketularan ibu dan Akungnya. Ada gunanya selama setahun terakhir ini ibunya puasa beli buku demi menambah koleksi bacaannya. Semoga, ke depannya teman-temannya juga ketularan virus membaca.

🖊Di saat orang lain bisa meraih harapan, sebagian orang ada yang sinis karena merasa tersaingi atau iri. Sebagian yang lain ikut bahagia dan bersyukur seolah itu terjadi pada dirinya sendiri. Mari bertanya ke dalam diri, kita yang mana? Rasa = Do'a

🖊Sukses ..sukses...sukses. Entah mengapa kita begitu terosebsi dengan kata itu. Banyak orang stres dan tak bisa tidur karena terbebani oleh target-target serta ukuran yang kadang dibuat oleh orang lain. Semakin tinggi ukuran yang dicanangkan, katanya semakin sukses label yang disandang. Begitu berat ya berada di ketinggian itu?

Lebih asyik jadi orang biasa saja kalau begitu. Selama masih bisa menyapa pagi, tersenyum, menyesap kopi, membuat status dan menyapa kalian di sini; suksees ini telah kumiliki....:-D

Selamaat pagiii....

🖊Seseorang dikatakan dewasa dan matang apabila ia sudah mampu membedakan antara keinginan dan kebutuhan. Kuliner adalah salah satu contoh bentuk dari keinginan yang tiada habisnya. Membuat kita hanya mau dan mengejar yang kita sukai, memanjakan lidah tanpa peduli kesehatan dan masa nanti. Sementara hidup membutuhkan begitu banyak rasa yang seringkali tidak kita sukai agar tercapai kekuatan jasmani dan ruhani. Untuk itu  kita mesti mau "puasa"  dan menahan diri.

Mereka yang mengejar keinginan memang akan merasakan kesenangan dan kepuasan hati, sementara mereka yang mau "berpuasa" akan memperoleh kebahagiaan dan ketenangan batin tersendiri. Apa pun pilihannya, resiko toh diri sendiri yang akan merasakannya. Eh, nggak juga ding, keluarga dan anak cucu nanti juga ikut merasakan akibat dari pilihan-pilihan yang kita buat di masa ini.

🖊Halal itu kalau duit yang dipakai buat mencukupi sandang pangan papan  dari hasil keringat sendiri, bukan dari hasil curian atau riba.

🖊Mengikuti candaan teman-teman sma di grup WA, jadi ingat tulisanku yang ini.....:-D
*****
NOSTALGIA

Wajah cantik itu berkerut-kerut memandangi siapa yang baru saja ditabraknya, mencoba mengingat sosok yang kini berdiri di depannya. Mukanya pucat seakan melihat hantu. "Tidak mungkin?!" Bantah hatinya.

"Mbak tidak apa-apa?" Suara bariton itu mengejutkan lamunannya. Suara yang sama. Suara yang pernah membuatnya begitu ceria setiap dering telpon berbunyi untuknya. Masih tetap sama, meski agak berat intonasinya. Tungguu...apa dia tidak salah dengar?? Mbak?? Barusan lelaki yang bertahun-tahun ia rindukan memanggilnya mbak? Jadi...jadi..ia tak mengenaliku? Sudah sedemikian berubahnyakah diriku hingga ia tak mampu mengenaliku? Batinnya menggugat tak terima.

Tahun demi tahun, Siska, perempuan cantik yang telah di ambang senja itu membawa asa. Mengharapkan sebuah keajaiban membawanya kembali untuk berjumpa dengan lelaki yang terus hadir dalam mimpinya. Dan kini impian itu telah berhasil ia raih. Tanpa diduga pertemuan terjadi. Namun apa realitanya?? Ternyata semua hanya kesemuan belaka. Ia bermimpi sendirian. Mimpi yang telah membuatnya tersesat dan mengabaikan banyak kesempatan untuk menikmati kebahagiaan.

Tanpa menjawab pertanyaan lelaki itu, Siska buru-buru pergi. Hanya satu keinginannya, ingin segera sampai di rumah dan memeluk suaminya. Lelaki yang telah begitu baik dan sabar mencintainya meskipun tahu hati Siska tidak sepenuhnya bersamanya. Siska ingin menyulam hari -hari yang telah ia sia-siakan dengan tekad pengabdian dan kesetiaan.

Nostalgia oh nostalgia...seindah apapun cerita yang ada, semua hanyalah sisa-sisa cerita yang telah usai di telan masa.

Terkadang nostalgia bisa membuat
terlena, membawa rasa untuk merajut kembali cerita-cerita yang belum selesai tertelan masa.

Semanis apapun nostalgia, realita lebih indah untuk diberi makna.

#FAS_08112014

🖊Belajar melihat "kasunyatan" itu tidak diajarkan di sekolah. Kita butuh pengalaman empiris untuk merasakan dan membuktikannya. Seperti rasa cabe, tidak akan mampu dijelaskan atau diwakili oleh kata, kecuali kita merasakan sendiri pedasnya.

🖊Saat berada di pabrik rokok, pandangan Rayya terpukau oleh kecantikan dan kesederhanaan seorang pekerja. Perlahan ia mendekati dan menyapa,"Hallo Mbak. Mbak itu kok cantik bangeet... Namanya siapa? Mbak itu nggak kalah lho dengan artis-artis di Jakarta?"
"Suruh mereka yang kalah sama saya, Mbak."
"Maksudnya?"
"Soalnya kan  bintang-bintang  film  sama artis-artis, nggak ada mbak yang berani jadi buruh pabrik kayak saya."

Jawaban tak terduga dari perempuan bernama Fani itu sontak membuat Rayya, yang notabene salah seorang dari bintang itu terdiam. Raut mukanya menyiratkan keterkejutan yang mendalam.

"Padahal, semua yang kerja di sini banyak yang berani menjadi bintang film, ya mbak Fani, ya?" Sahut Arya menimpali keduanya.
#Rayya #cahayadiatascahaya

"Daya tarik dan kecantikan seorang perempuan tidak terletak pada gemerlapnya dandanan dan gaya hidupnya, melainkan terletak pada kekuatannya bertahan dan berjuang menghadapi kerasnya kehidupan." #cinta_dan_pengabdian

🖊Tautan dan foto selfie, itulah mayoritas isi beranda akhir akhir ini. Apakah itu pertanda kalau kita ini sudah menjadi produk manusia malas berpikir dan menjadi "pengikut" jaman tanpa mau mendengarkan nurani?

🖊Banyak wanita seolah-olah diam dan  mengalah saat diperlakukan tak baik oleh pasangannya. Mereka terlihat sabar, padahal serupa api dalam sekam. Dalam hati kecilnya mereka juga ingin berontak dan mengakhiri drama dalam kehidupannya. Apa daya, sebagian dari mereka memilih diam karena tak memiliki daya tawar untuk keluar dari lingkaran. Daya tawar seorang wanita adalah tekad, kecerdasan, ketrampilan, dan keberanian menghadapi kenyataan. #catatanfas

🖊Kecantikan fisik wanita memang menjadi daya pikat pertama untuk pria jatuh cinta. Namun, seiring masa, kecantikan batinlah yang akan membuatnya bertahan dan bahagia. #catatanfas

Begitulah pengakuan dan rahasia kaum pria....:-D

🖊Sering merasa tidak adil atas perlakuan orang lain? Ya. Mungkin banyak yang merasa demikian jawabannya. Pun dengan yang nulis ini. Awalnya memang terasa sangat menyakitkan dan terjadi penolakan demi penolakan untuk mampu menerimanya sebagai cara yang indah untuk melapangkan dada. Huuft! Tidak adil kok, bagaimana mungkin bisa diterima dengan lapang dada? Oke..oke...sekarang pertanyaaannya, adil itu yang bagaimana? Sama rata, sama rasa, sama haknya? Kalau ukuran adil seperti itu, sudah pasti rasa kecewa dan sakit hati yang mendera. Terus bagaimaanaa biar kita bisa menerimanya sebagai anugerah dan menjadi sumber energi untuk bahagia?

Balik ke status sebelum ini ya...setiap jiwa dilahirkan dengan takdir yang berbeda. Ada yang seperti pohon hias atau pohon jati. So, kebutuhan pohon hias dan pohon jati pasti berbeda. Nah, setelah kita menemukan dan mengetahui kalau hak keduannya tak sama, bagi yang ditakdirkan sebagai pohon jati; segala perlakuan atau keadaan yang awalnya sebagai bentuk ketidakadilan akan dijadikan pemicu untuk terus berkembang dan menunjukkan kualitas terbaiknya. Setelah sampai di titik ini, sebuah kesadaran akan muncul bahwa semua itu memang sudah seharusnya diterima demi kebaikan. So, adil atau tidak adil itu tergantung ukuran mana yang kita pakai untuk memaknainya.

#FAS, 11032015

🖊Tema smart happiness pagi ini adalah Man, Woman, and Love. Saat ditanya mbak Ola, mengapa memilih tema ini, dengan suara khasnya yang ceria pak Arvan menjawab,"Secara sunatullah, hukum alam, cinta seharusnya hanya terjadi antara pria dan wanita. Secara kebenaran universal, tidak ada cinta antara wanita dan wanita, pria dan pria agar peradaban terus terjaga."

🖊Pernikahan yang langgeng dan bahagia harus memiliki tiga unsur cinta yang sempurna. Jika pernikahan bermasalah bisa jadi ada salah satu, dua, atau bahkan ketiganya yang tak lagi ada. Ketiga unsur itu adalah : ketertarikan fisik ( passion), kedekatan emosional ( intimacy), dan komitmen.

Pernikahan yang sehat, menurut pak Arvan, bisa dilihat dengan cara sederhana. Pasangan yang memiliki ketiga unsur tadi; biasanya akan mudah bercanda dan obrolan mereka hal-hal yang ringan-ringan saja. #smarthappiness #arvanpradyansah

🖊Alhamdulillah...Alhamdulillah...rejekine mbanyu mili...mugi panjenengan sami semanten ugi...:-* :-*

🖊Seringkali kita itu disibukkan oleh hal-hal yang sama sekali nggak penting, tetapi sengaja diadakan biar terlihat beda dan penting. Penting untuk gengsi dan label kekinian maksudnya. Coba kita pikir, apa sih pentingnya makanan didekorasi sedemikian rupa, toh ujung-ujungnya dimakan juga? :-D

Kalau berkaitan dengan UUD ( jualan ), kita memang gampang dimanipulasi ya?

🖊Jaré simbah, bojomu durung mêsthi jodhomu. Lha pripun tho, mbah? Dadi ngéné, nduk...jodho kuwi kudu digolèki lan ditemokaké dhewe, senajan gusti Allah sing mènèhi kuncine. Kabèh gumantung teko olehmu angudi daya antara uwong loro karo.  Koyo piyé carané kayu karo gêni, iso amigunani nèk uwes dadi siji masio bedo sifaté. Koyo lêmah karo banyu piyé carané bèn iso cemukul tetanduran, lan sak piturute. Intine, nèk kowé kekaro pingin jêjodhowan selawase, yo kudu gêlêm ngangsu kawruh, nemokake, lan migunakaké kekurangan lan kaluwihan.

"Mêkatên nggih, Mbah?"

🖊Pagi-pagi ngobrol sama Bapak. Begitu menutup telepon ada gelombang bahagia yang menari-nari seperti bocah yang mendapatkan hadiah.Ternyata, bersama beliau, daku masih tetap kanak-kanak berapa pun uban di kepala. :-D

🖊Bagi seorang perempuan di antara sekian banyak hal yang membuatnya berbunga-bunga adalah  mendapatkan pengakuan dari pasangan bahwa kehadirannya sangat bermakna dan membawa banyak perubahan positip dalam hidupnya.

Pun sebaliknya, seorang pria juga akan merasakan hal yang sama kalau mendapatkannya.

Sayangnya tidak semua orang berani mengatakan  hal sederhana ini ya?  :-P :-D
#marisalingmengakuinya

🖊Satus ini mengingatkan percakapanku tadi dengan adik,"tandane nèk jodho ki gampang. Nèk uripmu luwèh apik, tenang, terus rezeki lancar; kuwi berarti hubunganmu oleh Ridho."
Kalimat ini dulu juga kami jadikan pegangan dan Alhamdulillah terbukti...:-* :-*

🖊Tidak pernah ada yang sama. Setiap waktu selalu ada yang berubah pada diri kita dan semesta. Kalau masih ada yang dari masa ke masa begitu-begitu saja kepribadian dan hidupnya; mungkin ia masih belum bangun dari mimpi panjangnya. #elenglanwaspadha

🖊têmên wong ilang yoo...dan kebanyakan adalah mereka yang bekerja di luar negeri. Entah alasan apa yang membuat seorang anak bisa tak menghubungi keluarga, seorang ibu/bapak  tega membiarkan anaknya dalam kecemasan dan kekhawatiran. Menurutku, mereka tidak hanya tegaan, tapi kejam!

Pernah merasakan gimana rasanya mencari orang yang tiba-tiba menghilang. Rasanya sangat menyakitkan dan tak bisa dilukiskan dengan kata-kata. Untung waktu itu Kresna yang entah dapat kekuatan dari mana, di usia yang baru dua tahun bisa menyadarkan ibunya. "Kresna tidak apa-apa tanpa papa, ma!" Walah, ternyata Kresna menepati janjinya. Tak terasa delapan tahun sudah berlalu. Meskipun tanpa setitik kabar pun dari orang yang mestinya bertanggung jawab atas penghidupannnya, ia tetap tumbuh dan berkembang sebagaimana mestinya. Ada banyak Kresna yang lain di luar sana, semoga mereka juga selalu diberi kekuatan dan kebahagiaan.

🖊Jika masih sering terganggu dengan komentar, pendapat, atau prasangka orang lain atas sebuah pilihan; jangan-jangan itu sinyal kalau kita belum yakin benar dengan apa yang sedang kita jalani?

🖊"Urip kuwi koyo numpak sêpéda motor, ndhuk. Awakmu kudu paham kapan nge-rem, kapan nge-gas bèn selamet teko tujuan. Nèk awakmu kuwi kan biasané opo-opo karepé cêpêt, lali ndelok kiwo tengen lan mburi. Untunge, saiki uwes ono wong sing iso nge-rem lan nyêteri awakmu. Ora kabèh uwong beruntung ngunu kuwi, lho. Sing luwih akèh nèkmu bersyukur lan ngabêkti..."

"Nggih, Mbah..." :-* :-)

🖊Berikanlah kepercayaan dan kemerdekaan kepada pasangan, maka ia akan menemukan batasan-batasan untuk setia dan menjaga.

🖊Banyak orang pergi ke tempat-tempat wisata, tetapi tetap saja hidupnya hampa dan merasa kurang piknik penyebabnya. Sebenarnya kalau mau ke satu tempat yang paling penting dan mendasar di dunia, kita akan menemukan banyak keajaiban dan keindahan yang tak terduga. Tempat itu ada di dalam jiwa.

🖊Kedekatan emosi tidak mengenal ruang dan waktu. Selama tidak ada amarah atau kebencian yang menutupi pintu hati, sejauh apa pun raga terpisah akan terasa dekat dan menyatu.

🖊Semakin tidak menuntut keadaan, keadaan akan nurut dan menyenangkan. #myquote

🖊FB itu bisa dijadikan media untuk melatih kekuatan diri. Di tengah samudera berita atau wacana yang mayoritas tak diketahui sumbernya, tak jelas kebenarannya, tak jelas apa motivasi di balik penyebarannya; sejauh mana kita bisa menahan diri untuk tidak tenggelam oleh arusnya?

🖊Perubahan "bungkus" tanpa diiringi perubahan kepribadian serupa gula-gula yang hanya enak dalam pandangan dan mulut, tetapi segera hilang manisnya setelah lewat tenggorokan.

🖊Selama puluhan tahun daku menyimpan ketakutan terhadap kucing. Tidak hanya pada fisiknya, segala macam tulisan atau gambarnya pun sedapat mungkin kuhindari. Naif banget, bukan? :-D

Semuanya bermula dari pengalaman  tak menyenangkan bersama kucing piaraan simbah. Sekitar umur tujuh tahunan,  saat daku tidur bersama simbah, ternyata ia  tidur di sebelahku. Berhubung terbangun dan kaget, secara reflek  memukulnya. Dan sebagai balasannya daku dicakarnya. Begitu dalam trauma itu meninggalkan luka. Bahkan jauh lebih dalam dan lama daripada trauma ditinggalkan yang hanya butuh beberapa tahun saja untuk menyembuhkannya. Eh, :-P

Alhamdulillah setelah sekian tahun terbelenggu oleh ketakutan yang bagi orang lain sangat tidak masuk akal ini, beberapa bulan yang lalu secara total trauma itu lenyap dari hidupku. Semua berawal dari kucing-kucing yang hidup dan beranak pinak di belakang rumah kami. Setiap kali memasak, kucing-kucing itu mendekati minta jatah. Mula-mula memberi mereka makan dari kejauhan. Lama kelamaan kuberanikan diri mulai memanggil mereka meskipun belum berani menyentuhnya. Dan, beberapa hari setelah hari bahagia kami, di rumah emak, Cilegon, melihat anak-anak bermain dengan kucing piaraannya yang manis banget daku berani menyentuhnya. Di situlah secara utuh, trauma itu hilang setelah berani menggendongnya.

Setelah kurenungkan, sepertinya ketakutan yang tersimpan di bawah sadar itu hilang karena terkalahkan oleh rasa nyaman dari dalam diri dan keyakinan bahwa bersamanya semua akan baik baik saja.

🖊Sebaik-baik nasihat adalah tindakan nyata. Tindakan yang didorong oleh niat mulia. Seperti sepasang suami isteri yang kemarin dikirim oleh-Nya ke rumah kami. Menempuh jarak yang lumayan jauh untuk melengkapi dan mengukir jejak indah bagi kami sekeluarga khususnya.

Jadi begini,  berhubung kendaraan di rumah terpakai semua, untuk suatu keperluan ke lain kecamatan bapak meminjam sepeda motor Eko, pemuda sebelah rumah yang kebetulan sedang membantu kami mengerjakan rumah. Saat sedang mengisi bensin bapak tak menyadari kalau stnk yang ditaruh di dalam jok jatuh. Sampai sore harinya saat  mereka menanyakan alamat rumah Eko  dan mengutarakan niatnya untuk mengembalikan stnk yang mereka temukan di jalan, beliau baru ngeh kalau telah teledor.

Alhamdulillah, melalui kebaikan mereka, kami diselamatkan dari kesulitan dan mendapatkan banyak rezeki  baik secara materi atau pun rohani. Secara materi, kami tidak perlu wara wiri untuk mengurus stnk lagi. Secara rohani; kami mendapatkan kenalan dan saudara baru, mendapatkan kesempatan menikmati oase yang menyejukkan di tengah makin langkanya rasa peduli dan tolong menolong antar sesama, serta mendapatkan nasihat mahal dan bermakna agar supaya  lebih peduli lagi kepada sesama. Bukankah ini bukti bahwasanya pintu kebaikan itu bisa dibukakan lewat mana saja atau siapa saja?

🖊Seringkali kita berpikir bahagia itu hanya soal keadaan yang menyenangkan dan sesuai keinginan atau harapan saja. Bahagia adalah saat kita mampu mengambil makna dari setiap keadaan yang ada sehingga batin semakin kaya dan hidup semakin berguna.

🖊"Melihat sesuatu yang tak terlihat mata, mendengar suara yang tak sampai ke telinga, membaca kalimat yang tak diwakili oleh kata." #olahrasa_olahjiwa

🖊Suka menulis bukan berarti ingin jadi penulis. Menulis itu rekreasi yang menyenangkan ( bagiku ). Menulis ya menulis saja, tidak perlu alasan blablabla atau mengikuti teori yang mesti bagaimana. Menulis itu melatih pola pikir dan kerunutan kita dalam memandang suatu persoalan, menjadi media untuk mengukur seberapa mampu kita mengungkapkan pemikiran, menterjemahkan pengalaman, berinteraksi dengan pembaca melalui penyampaian yang sederhana. Menulis adalah cara yang indah untuk mengenang dan meneruskan perjalanan.

🖊Sejauh mana pun kita pergi, keluarga adalah tempat terindah yang kita tuju untuk kembali. Sebanyak apa pun orang yang kita temui,  tetangga adalah orang-orang terdekat setelah keluarga yang akan datang membantu secara nyata. Maka, apalah gunanya terlihat baik di luar sana, tetapi mengabaikan hubungan baik dengan keluarga dan tetangga?

#catatanfas

Tidak ada komentar:

 
FREE BLOGGER TEMPLATE BY DESIGNER BLOGS