Pages

Makna Syukur

Kamis, 25 Mei 2017

Setiap kali ada orang yang mengeluhkan keadaan, reaksi spontan kebanyakan dari kita adalah,"orang kok nggak ada bersyukurnya"
Memang tidak salah kalimat di atas kita jadikan sebagai peringatan untuknya, tetapi alangkah baiknya jika sepaket dengan solusinya. Saat kita mengeluhkan keadaan artinya kita secara tak langsung menyadari ada yang tidak beres dengan diri dan hidup kita. Itu artinya secara naluri kita sedang "memaksa" diri untuk melihat kekurangan/kelemahan agar menemukan jalan untuk memperbaiki diri. Apakah dengan mengatakan, bersyukurlah, serta merta ia akan langsung melihat sisi-sisi positip dalam kehidupannya? Tidak bukan?

Alangkah baiknya kalau kita dengarkan dulu, jangan langsung menghakimi seakan ia orang yang tak tahu diri. Setelah memahami apa yang ia rasakan, pelan-pelan kita ajak ia melihat permasalahannya dengan sudut pandang yang berbeda. Sudut pandang yang selama ini mungkin belum pernah ia lihat dan pikirkan. Kalau ia bisa melihat hal-hal positip, pelan-pelan ia akan menemukan banyak hal yang pantas ia syukuri dan belajar menerima apa pun keadaannya.

Bersyukur bukanlah membandingkan keadaan kita dengan sesama. Bersyukur adalah menemukan anugerah demi anugerah yang diberikan secara kasat mata atau yang tersembunyi di baliknya. Bersyukur adalah memaksimalkan apa pun yang dianugerahkan oleh-Nya tanpa merasa lebih rendah/tingggi dari yang lainnya. #catatanfas

Tidak ada komentar:

 
FREE BLOGGER TEMPLATE BY DESIGNER BLOGS