Pages

Modal Usaha Bukan Uang Semata

Jumat, 28 Desember 2018

Terlahir di tengah keluarga pedagang dan mulai belajar dagang sejak dini  membuatku sedikit banyak mengerti bagaimana jatuh bangunnya orang jualan. Berdagang itu tidak melulu soal uang dan keuntungan. Ada banyak faktor yang harus mampu kita lihat, jaga, dan pertahankan. Terutama soal kepercayaan.

Seandainya yang  kita lihat dan jadikan sudut pandang hanya soal keuntungan, berbagai cara akan dilakukan demi mencapai apa yang jadi tujuan. Sementara selain kepercayaan, seorang pedagang juga memiliki tanggung jawab moral dan kemanusiaan terhadap konsumen. Semisal jika barang dagangan kita berupa makanan, kita harus mampu menjamin bahwa makanan yang kita jual tidak membuat pembeli sakit perut karena telah kita jaga kebersihan bahan dan peralatannya.

Jangan sampai karena hanya mengejar nominal kita tidak jujur terhadap kondisi barang yang kita tawarkan. Seperti pengalamanku jauh sebelum memulai bisnis online.  Waktu itu seorang teman meminta tolong untuk membeli smartphone second secara online dan berakhir dengan transaksi cod antara penjual dengan temanku. Setelah dipakai sehari ternyata barangnya tidak sesuai dengan apa yang dia tawarkan. Sebagai perantara, secara tidak langsung daku harus bertanggung jawab karena taruhannya kepercayaan dan persahabatan.

Awalnya dia mengelak...

  "Aku tidak menipumu.  Aku menggunakannya sehari dan menjualnya karena ini bisnisku."

"Kamu bilang tidak menipu? Kamu tulis di situ keadaan 98 persen baik. Di atas bisnis  masih ada tujuan yang lebih tinggi. Kepercayaan dan kejujuran. Bagaimana mungkin kalau kamu jujur hal ini terjadi? Apa pun alasanmu, aku minta kembalikan uangnya!"

"Dalam transaksi online tidak ada jaminan uang kembali setelah barang diterima." Elaknya

"Uang tidak bisa membeli kepercayaan. Di sini kita menggunakan kepercayaan  untuk transaksi.  Aku bertransaksi untuk temanku. Ia percaya padaku, makanya dia minta tolong."

Setelah negosiasi yang alot akhirnya dia sadar berurusan dengan emak emak itu tidak mudah. 😂😂😂😛😛

"Oke. Uang segitu nggak ada artinya bagiku. Kamu ke sini ambil duitnya!"

Bermodalkan pengalamanku dan pengalaman mereka yang kecewa dengan transaksi online, saat memulai jualan produk #Mouzaindonesia dulu juga tidak sembarangan. Melalui berbagai pertimbangan, terlebih setelah mengetahui profil ownernya, dan membuktikan kualitas barangnya akhirnya daku yakin dan percaya.

Alhamdulillah tak terasa sudah hampir tahun menjadi bagian dari Mouza. Selama rentang perjalanan, memang terbukti saat yang kita kedepankan kapercayan, keuntungan yang kita dapatkan lebih dari sekedar materi. Berkah dari jualan bisa bertemu dengan banyak sedulur baru, makin terbuka kesempatan untuk melakukan silaturahmi, dan menikmati indahnya paseduluran. Terima kasih selalu, #sedulurfasgallery, tanpa kepercayaan dan kehadiran kalian, sebanyak apa pun modal uang tidak akan ada artinya. 😘😘😘😘💖💖💖😀😀😀

#catatanfas
#storytellingAL
#AkademiLangit1

Tidak ada komentar:

 
FREE BLOGGER TEMPLATE BY DESIGNER BLOGS